Posted by : Unknown Minggu, 14 April 2013

Jakarta: MISTERI sedikit menyeramkan, tapi membuat penasaran. Begitu menginjakkan kaki di alun-alun Museum Fatahillah, Bayangkan sebuah adegan tragis yang begitu mencekam saat VOC mengeksekusi para tahanannya. Sadis, bukan?

Ruang Bawah Tanah
Begitu memasuki Museum Fatahillah atau lebih dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta, IRNews masih merasakan ngeri. Apalagi, ketika menjejakkan kaki di bawah gedung ini lebih dari 300 tahun ini, terdapat ruang bawah tanah yang disebut penjara bawah tanah. Ya, ruangan itu berbentuk setengah lingkaran, pengap, gelap dan agak berbau anyir. Temboknya beton dan terdapat jendela kecil dari jeruji besi, bahkan terdapat puluhan bola besi menyerupai meriam yang beratnya diperkirakan sekitar ratusan kilogram. 

Berganti Wajah
Namun, IRNews yang berlama-lama untuk menyesakkan diri pada kisah yang menyisakan pilu itu. Meski masih menyisakan kisah ngeri, ruang-ruang di Museum Sejarah Jakarta disulap menjadi ruang display sejarah Jakarta. 
Ruang-ruang yang berada pada lantai satu di bagian sayap timur dan sayap barat, menjadi ruang pamer sejarah Jakarta. 
Dari sayap barat, Anda terperanjat dengan Jakarta masa kini, yang kian terlihat lebih kumuh dan padat dengan jejalan penduduk. Lalu, di ruang berikutnya, terdapat replika peninggalan masa Tarumanegara yang ditemukan di Jakarta. Selanjutnya, ada ruang Padjajaran yang berisikan prasasti dan gerabah. Kemudian, ruang Portugis terdapat benda-benda peninggalan zaman VOC. Lalu, di ruang Betawi, ada rupa-rupa budaya, seperti ondel-ondel, pakaian hingga alat musiknya. 

Melihat Kantor Pengadilan Masa Lampau
Beralih ke lantai dua yang dulunya adalah kantor pengadilan dan lebih diperuntukkan untuk ruang kerja Gubernur Jenderal Hindia-Belanda Sir Thomas Stamford Bingley Raffles dan Herman Willem Daendels. Pada bagian sayap barat maupun timur, terdapat pelbagai koleksi kerajinan kayu jati nan indah, seperti meja dan kursi sidang, kristal, dan sebagainya dari abad 15 hingga abad 17. [ars-2] 

Museum Sejarah Jakarta
Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat
Tel. (021) 692-9101, 690-1483
Fax. (021) 690-2387
Email: museumjakarta@yahoo.com
Waktu buka: Pukul 09.00-15.00 WIB (Selasa-Minggu, kecuali hari Senin dan Hari besar)
Harga Tanda Masuk (HTM)
Dewasa : Rp. 2000
Mahasiswa:Rp. 1000
Pelajar/Anak: Rp. 600
Rombongan Pelajar/Anak: Rp. 500
Rombongan Mahasiswa: Rp. 750
Rombongan Dewasa: Rp. 1500

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Daftar Isi Blog

Post Ter-Fenomenal

Pengunjung Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Street-4rt.com -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -